Keutamaan Puasa

Keutamaan Puasa

(Oleh DA. Setiawan)

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah atas segala nikmat yang tak terhingga. Allah yang telah memberi kita kesempatan untuk merasakan buah keimanan dan ketakwaan dari hari ke hari. Kini, Allah telah mempertemukan kita dengan bulan yang teramat mulia … bulan Ramadhan. Bulan yang penuh berkah, maghfirah dan pembebasan api neraka. Pada bulan inilah Allah menurunkan kitab mulia, yang berisi petunjuk dan penuh cahaya.

            Allah berfirman,

            “Bulan Ramadhan itulah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an yang menjadi petunjuk bagi manusia, dan menjadi keterangan-keterangan dari petunjuk itu dan membedakan antara yang hak dan yang bathil. Maka barang siapa diantara kamu melihat bulan itu hendaklah Ia berpuasa.” (QS. Al-Baqarah: 185)

            Sungguh, nikmat yang sangat besar ketika kita dapat berjumpa dengan bulan Ramadhan, memakmurkannya dengan berbagai amal kebaikan. Salah satu nikmat itu adalah ampunan dari Allah, ketika kita benar-benar menjalankan ibadah puasa atas dasar iman kepada Allah. Hal ini telah disebutkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadist berikut:

            “Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim).

            Sebaliknya, penyesalan yang akan kita dapat jika kita membiarkan bulan Ramadhan berlalu begitu saja, tanpa satu pun amal kebaikan. Bahkan manusia akan merugi jika meninggalkan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Sebab, dia telah meninggalkan sekian banyak pahala dan kekmuliaan yang telah dijanjikan oleh Allah. Padahal ibadah puasa merupakan salah satu bagian dari rukun islam yang mampu menegakkan Islam…meninggikan Islam.

            Lantas, apa sebenarnya keutamaan puasa bagi kita? Sesungguhnya, banyak sekali ayat dalam Al-Qur’an yang menegaskan bahwa puasa merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah.

وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

            “Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 184)

            Rasulullah pun telah menjelaskan dalam hadits-hadits shahih tentang keutamaan puasa, antara lain:

1. Puasa adalah perisai atau pelindung

            “Puasa adalah perisai, seorang hamba berperisai dengannya dari api neraka.” (HR. Ahmad)

2. Puasa menyebabkan seorang hamba masuk ke dalam surga

            Dari Abu Umamah berkata, Aku bertanya: “Ya Rasulullah, tunjukkan padaku amalan yang bisa memasukkanku ke surga.” Beliau menjawab, “hendaklah kamu berpuasa, tidak ada (amalan) yang semisal dengan itu.” (HR. An-Nasa’i)

3. Orang berpuasa diberi pahala yang tidak terhitung

    Orang berpuasa memiliki dua kegembiraan

    Bau mulut orang berpuasa lebih wangi di sisi Allah dari bau misk

            Dari Abu Hurairah: Rasulullah bersabda: Allah berfirman: “Semua amalan bani adam untuknya kecuali puasa, karena puasa itu untuk Aku dan Aku akan membalasnya…Demi Dzat yang jiwa Muhammad di tangan-Nya sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah daripada minyak misk (parfum yang wangi), orang yang berpuasa memiliki dua kegembiraan, jika berbuka dia bergembira dan jika bertemu dengan Rabbnya dia bergembira karena puasa yang dilakukannya.” (HR. Bukhari – Muslim)

4. Puasa dan Al-Qur’an akan memberikan syafaat

            “Puasa dan Al-Qur’an akan memberikan syafaat kepada hamba di hari kiamat, puasa akan berkata: ‘Wahai Rabbku, aku menghalanginya dari makan dan syahwat, berilah dia syafaat karenaku, dan Al-Qur’an pun berkata: ’Aku telah menghalanginya dari tidur di malam hari, berilah dia syafaat karenaku.’ Rasulullah bersabda: “Maka keduanya memberi syafaat.” (HR. Ahmad)

5. Ar-Rayyan bagi orang yang berpuasa

            Dari Sahl Bin Sa’ad, dari Nabi bersabda: “Sesunggunya dalam surga ada pintu yang disebut dengan Ar-Rayyan, orang-orang yang berpuasa akan masuk pada hari kiamat nanti dari pintu tersebut, tidak ada orang selain mereka yang memasukinya. Jika telah masuk orang terakhir dari  mereka yang berpuasa, ditutuplah pintu tersebut. Barang siapa yang masuk, akan minum dan barang siapa yang minum, tidak akan merasa haus untuk selamanya.” (HR. Bukhari – Muslim)

            Demikianlah saudaraku, beberapa keistimewaaan puasa yang telah Allah janjikan bagi kita. Semoga Allah benar-benar mempertemukan kita dengan bulan Ramadhan, sehingga kita dapat berpuasa dan meraih keutamaannya. Amiin…

Iklan
Published in: on 4 Agustus 2009 at 2:36 pm  Tinggalkan sebuah Komentar  

The URI to TrackBack this entry is: https://oaseislam.wordpress.com/2009/08/04/19/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: